Sunday, June 25, 2006

Kajian calon Kabupaten Sabu hampir rampung

Kupang, PK

Pengkajian tentang calon Kabupaten Sabu oleh tim pengkaji yang dibentuk Panitia Pembentukan Calon Kabupaten Sabu hampir rampung dan sudah mencapai 95 persen. Tim pengkaji ini diketuai Drs. Marthen H Kalle, M.Si (Kepala Statistik Kabupaten Kupang, Red) bersama sejumlah staf dosen Undana.

Hal ini dijelaskan Ketua Panitia Pembentukan Calon Kabupaten Sabu, Drs. Matheos Lay, M.Si, kepada Pos Kupang, Senin (15/5), melalui telepon tentang perkembangan perjuangan Pulau Sabu menjadi kabupaten otonom. Dijelaskan, tim sudah melakukan penelitian selama kurang lebih dua bulan dipandu Drs. Marthen Kalle. "Kita berharap hasil kajian tim ini bisa segera dirampungkan dan kita akan serahkan kepada Pak Bupati Medah serta Pansus DPRD Kabupaten Kupang," tegas Lay.

Menyinggung tentang aspirasi yang berkembang, Lay yang juga mantan Kepala Bappeda Kabupaten Kupang ini menjelaskan, aspirasi akar rumput yang mendukung pembentukan calon kabupaten ini terus masuk dan terus diakomodir. Sementara penyerahan aspirasi ke Gubernur NTT, Piet A Tallo, S.H sudah dilakukan sejak bulan lalu.

"Hasil pengkajian ini akan diserahkan kepada pak bupati dan Pansus DPRD Kabupaten Kupang untuk ditelaah. Nanti Pemkab Kupang dalam hal ini bupati dan Dewan setempat yang akan menyerahkan dokumen hasil kajian kepada pemerintah pusat. Juga akan ada tim peneliti independen yang akan mengkaji lebih lanjut tentang pembentukan calon kabupaten ini," jelasnya.

Menyinggung ada sebagian komponen orang Sabu di Kupang yang masih menolak rencana pembentukan Kabupaten Sabu, Lay yang juga mantan Kepala BKPMD Kabupaten Kupang ini mengatakan, yang kontra adalah orang Sabu yang ada di Kupang, dan bukan orang Sabu yang ada di Pulau Sabu. "Kita akomodir aspirasi akar rumput di Pulau Sabu. Soal pro kontra merupakan hal biasa karena tidak semua harus seratus persen mendukung atau sejalan. Namun harus ada yang mesti berbeda, baru dinamakan dinamika dan ada unsur demokrasi," tegasnya.

Menyinggung tentang realisasi perjuangan ini, Lay mengatakan secepatnya akan jauh lebih baik. "Kita harapkan tahun 2007 atau paling lambat tahun 2008 sudah bisa terbentuk calon kabupaten ini. Namun jika lebih cepat akan lebih baik," katanya. (fen)

No comments: