Friday, January 09, 2009

.: Kumpul keluarga.. Nilai kebersamaan yang patut dipertahankan


Hari ini , saat aku membuka blog ku , rada bingung juga mau nulis apa tentang Sabu . Tapi seketika terbersit di memori ku tentang budaya kebersamaan yang cukup kuat di kalangan Masyarakat Sabu takala menghadapi sebuah hajatan atau acara yang nota bene membutuhkan resources baik itu dari sisi pendanaan maupun tenaga dan pikiran. Ikatan kekerabatan yang kental membuat semua hal yang berkaitan dengan persiapan dan perencanaan bisa diselesaikan bersama hanya dalam tempo yang singkat dan tanpa prosedur yang berbelit - belit . Salah satu bentuk ikatan kekerabatan itu diwujudkan dalam bentuk pertemuan yang biasa disebut sebagai " Kumpul Keluarga ".

Menurut apa yang pernah saya alami sendiri yakni ketika ada suatu perhelatan / acara yang akan digelar oleh salah satu keluarga , maka sebelunya pihak keluarga harus mengundang semua keluarganya baik yang dekat menurut silsilah ataupun yang sudah agak jauh untuk membicarakan persiapan perhelatan tersebut. Umumnya hal ini dilakukan dengan tidak memandang strata sosial keluarga "Tuan Rumah" , apakah miskin / kaya , lebih tua / muda , sabu asli atau sudah campuran , dan sebagainya. Yang terpenting di sini semua bisa merasakan apa yang sedang dihadapi oleh keluarga dan pada akhirnya semua bisa memberikan kontribusi nyata kepada Tuan Rumah baik itu dari sisi Dana ( aksi pengumpulan uang ) atau juga pembagian tugas / kerja terkait kelancaran perhelatan.
Dan disaat hari - H nanti , tanpa menunggu komando / perintah semua tugas yang telah diserahkan kepada masing-masing pihak akan dilakukan dengan penuh tanggung jawab , karena mereka tidak ingin mempermalukan "Tuan Rumah " di depan tamu-tamu yang diundang.
Itula sekilas tentang budaya " Kumpul Keluarga " yang masih terjaga sampai sekarang. Semoga budaya ini ini tetap terjaga untuk mempererat kebersamaan dan kekeluargaan.

No comments: